Film A Quiet Place Part II
Film A Quiet Place Part II, Sumber: CNN Indonesia

Akhirnya setelah ditunggu sekian lama, A Quiet Place Part II resmi dirilis pada tanggal 26 Mei 2021 kemarin. Film yang pada awalnya tidak direncanakan sebagai sekuel ini ternyata dapat dikatakan cukup sukses sebagai bagian dari lanjutan film yang pertama.

Sebagai bagian dari lanjutan film pertama, film ini sukses mendapatkan antusias dari para penonton, terutama bagi penonton yang dari dulu kepo dengan kelanjutan dari film perdananya. Mendapatkan skor dari IMDb yang lebih besar dari film perdananya, lalu bagaimana dengan ulasan dari film A Quiet Place Part II ini?

Synopsis

Setelah keluarga Abbott menemukan titik kelemahan dari monster tersebut yang ternyata sangat sensitif terhadap suara, keluarga yang kini dipimpin oleh Evelyn (Emily Blunt) memutuskan untuk keluar mencari tempat persembunyian yang baru.

Pasalnya, rumah persembunyian mereka yang sebelumnya sudah dianggap tidak aman lagi di tengah ancaman para monster tersebut.

Mereka akhirnya berpetualang ke lingkungan luar dimana mereka keluar kawasan yang telah mereka tandai sebelumnya. Evelyn beserta ketiga anaknya Regan, Marcus, dan sang bayi berpetualang hanya dengan perbekalan yang sangat terbatas. Namun walaupun begitu, mereka tidak punya arah tujuan yang jelas.

Suatu ketika, mereka menemukan suatu bangunan kosong yang dianggap mereka dapat dijadikan sebagai tempat peristirahatan. Namun secara tidak sengaja Evelyn terkena jebakan yang menimbulkan suara yang cukup bising.

Tanpa pikir panjang, mereka berlari ke arah bangunan tersebut demi menyelamatkan diri. Namun sialnya, salah satu anak Evelyn, Marcus terkena jebakan beruang yang menyebabkan ia kesakitan.

Tak kuat menahan rasa sakit, Marcus pun berteriak yang menyebabkan monster datang. Beruntungnya, mereka diselamatkan oleh Emmett (Cillian Murphy), salah satu teman dari Evelyn.

Dari pertemuan inilah, Evelyn menyadari bahwa para monster mengerikan tersebut bukanlah satu – satunya ancaman yang ada. Keluarga Abbott beserta Emmett akhirnya berusaha untuk tetap bertahan hidup di tengah berbagai ancaman yang ada sembari mencari jalan keluar yang memungkinkan.

A Quiet Place Part II
Keluarga Abbott bersama Emmett, Sumber: USA Today

The Good

  • Cakupan latar tempat pada sekuel kedua ini patut diacungi jempol. Pasalnya, pada film pertamanya, kita hanya melihat keluarga Abbott di tempat kediamannya. Namun, pada sekuelnya, John Krasinski selaku sutradara berusaha untuk menunjukkan kepada para penonton dengan memberi gambaran yang lebih luas tentang dunia pasca-apokaliptik. Hal ini juga memungkinkan John Krasinski untuk lebih leluasa bermain dengan sensasi horor pada cakupan yang lebih luas.
  • Pengembangan tiap karakter terlihat lebih matang. rangkaian cerita yang di film kedua ini berjalan secara paralel. Namun walaupun begitu berakhir di titik yang sama, sehingga hal ini menyebabkan pengembangan tiap karakter lebih matang dan berkembang, yang mana pada film pertama sangat terlihat Evelyn dan Lee sentris.
  • Akibat dari pengembangan tiap karakter ini, kita dapat memuji aksi Regan (Millicent Simmonds) yang lebih gemilang. Dimana dengan pengembangan karakter yang cukup baik mengakibatkan sosok Regan yang lebih cerdik, dewasa dan juga bertanggungjawab. Selain itu, Marcus (Noah Jupe) bertransformasi menjadi sesosok orang yang berjiwa pelindung dan dewasa. Hal ini dapat dilihat dari aksi dia dalam menjaga sang bayi.
  • Dari scene awal yang memperlihatkan flashback ke awal mula kehancuran dunia ini terjadi, John Krasinski berusaha untuk mengenalkan sosok baru yaitu Emmett (Cillian Murphy) yang seakan dapat menggantikan sosok Lee selaku pemimpin keluarga sebelumnya.
  • Sejak film pertamanya, sutradara John Krasinski berhasil menyuguhkan film bertemakan pasca-apokaliptik dengan kesunyian yang sangat mencekam. Dengan karakter Regan yang tuli, terkadang penonton turut merasakan keheningan dari apa yang dirasakan oleh Regan.
  • Jika diperhatikan secara lebih seksama, John Krasinski cenderung mengambil sudut pengambilan gambar yang terkesan unik. Hanya dengan sudut pandang beberapa detik tanpa dialog, kita seakan mengerti apa yang dibicarakan film ini.
  • Tidak seperti film pasca-apokaliptik pada umumnya, film A Quiet Place Part II ini menunjukkan bahwa teknologi adalah penyelamat bagi mereka semua. Biasanya, film – film bertemakan pasca-apokaliptik menjadikan senjata api sebagai perisai utama mereka. Namun, di film ini, teknologi lah yang dijadikan sebagai perisai utama mereka dimana jika dilihat, monster – monster tersebut memang terkesan akan terkalahkan jika dilawan melalui teknologi.
  • Dengan ending yang terlihat lebih berani, kini pengembangan cerita dari film A Quiet Place Part II menjadi Part III amat jelas terlihat lebih matang.

The Bad

  • Meskipun mendapatkan rating yang lebih tinggi dari prekuelnya, film ini kurang menujukkan keberadaan dari suatu kelompok misterius yang tidak diperlihatkan secara lebih mendalam, sehingga hal ini meninggalkan sedikit pertanyaan di benak para penonton.
  • Secara pribadi, dengan menonjolkan timeline waktu yang lebih difokuskan akan lebih membuat penonton merasakan seberapa mengerikan dan lamanya teror para monster ini terus berlanjut. Memang, kita diperlihatkan scene timeline waktu pada beberapa kejadian. Namun, alangkah lebih baiknya jika scene scene ini lebih diperlihatkan.
  • Sebagai penonton, ketika film berakhir dengan ending yang terkesan sangat menggantung membuat penonton merasakan perasaan yang berbeda dimana penonton seperti melewatkan sesuatu. Memang, ending dari film ini memberitahu penonton bahwa “kita sudah mengetahui cara membunuh monster – monster ini”, akan tetapi bukankah akhiran dari film pertama terlihat sama persis?
  • Walaupun kita sudah mengetahui bagaimana mengalahkan monster tersebut, masih banyak beberapa pertanyaan di benak penonton yang sebenarnya “kurang masuk akal” namun penting untuk diketahui. Pasalnya, salah satu kelemahan dari para monster adalah tidak bisa berada di air, namun apa alasan mereka menduduki planet Bumi yang komposisi lautnya lebih banyak? Selain itu, kita tidak secara jelas diperlihatkan bahwa apa sebenarnya tujuan dari para monster ini datang. Sutradara hanya memperlihatkan bahwa monster datang dari luar angkasa, so?

Conclusion

Secara garis besar, film bertemakan pasca-apokaliptik ini memberikan jalan cerita yang berbeda pada umumnya dimana film ini lebih berfokus pada konflik yang terjadi pada suatu keluarga. Film A Quiet Place Part II ini juga memberikan berbagai pertanyaan bagi penonton bagaimana sekuel dari film ini. Dengan cakupan latar tempat, pengembangan karakter, dan sound yang lebih baik. Film ini cocok sekali untuk ditonton, terutama bagi penggemar film bertemakan sci-fi horor ini.

SutradaraJohn Krasinski
Penulis NaskahJohn Krasinski
PemeranEmily Blunt, Millicent Simmonds, Noah Jupe, Cillian Murphy, John Krasinski
MusikMarco Beltrami
SinematografiPolly Morgan
DistributorParamount Pictures
Tanggal Rilis26 Mei 2021
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Durasi1 Jam 37 Menit

Nah, itulah review dari film A Quiet Place Part II. Baca Juga: Shadow and Bone – Geopolitik dengan Sentuhan Sihir. Jangan lupa juga untuk baca review – review film dan serial yang lain disini.

You might also enjoy:

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *