Hari Pancasila
Ilustrasi Perjuangan Indonesia, Sumber: Yuksinau

Tepat pada hari ini, tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari Pancasila atau lebih dikenal sebagai hari lahirnya ideologi pancasila. Dasar ideologi yang dikemukakan oleh Bapak Proklamator kita, Ir. Soekarno ini yang pada akhirnya dijadikan dasar dalam menyatukan pandangan hidup masyarakat Indonesia.

Namun, lahirnya ideologi pancasila ini tidak lahir begitu saja. Banyak sekali perjuangan dari berbagai elemen negara saat itu. Nah, Untuk memperingati hari Pancasila ini, Laminjo punya rekomendasi film yang bertemakan perjuangan Indonesia nih! Yuk disimak!

1. Perburuan

Film Hari Pancasila: Perburuan
Film Perburuan, Sumber: CNN Indonesia

Film pertama tentang perjuangan Indonesia adalah Perburuan. Film yang dirilis pada tahun 2019 kemarin dan dibintangi oleh aktor tampan Adipati Dolken ini mengisahkan tentang kondisi negara Indonesia pada zaman perjuangan kemerdekaan.

Kondisi ini bertepatan tepat sesudah enam bulan pasukan Pembela Tanah Air (PETA) berada pada kondisi yang terdesak oleh pasukan Jepang.

Karena merasa terdesak, salah satu seorang Shodanco atau pemimpin kompi dari pasukan PETA yang bernama Hardo (Adipati Dolken) memilih untuk pulang ke kampung halamannya di Blora, Jawa Tengah.

Namun, upaya tersebut tidak semudah yang dibayangkannya. Karena, tentara Jepang terus mencari dan bahkan membunuh setiap pasukan PETA yang masih tersisa sampai ke kampung halaman Hardo.

Karena tak ada pilihan lain, Hardo berusaha bersembunyi dari kejaran tentara Jepang. Apakah Hardo akan selamat? Mengapa tentara Jepang dapat mengetahui keberadaan Hardo? Penasaran? Yuk tonton dulu trailer nya!


2. Wage

Film Hari Pancasila: Wage
Film Wage, Sumber: Layar.id

Film selanjutnya dalam memperingati hari Pancasila adalah Wage. Film ini bercerita tentang pencipta dari lagu Indonesia Raya, W.R. Soepratman. Wage sendiri merupakan nama depan dari Soepratman.

Film berdurasi 125 menit ini mengisahkan tentang W.R Soepratman dalam proses memperjuangkan kemerdekaan yang tidak selalu harus dilalui oleh peperangan, melainkan dari lagu yang diciptakannya.

Film yang disutradarai oleh John de Rantau ini mencoba untuk menunjukan sisi lain yang belum banyak diketahui oleh orang – orang.


3. Jenderal Soedirman

Film Jenderal Soedirman
Film Jenderal Soedirman, Sumber: Sesawi

Film selanjutnya adalah Jenderal Soedirman. Film yang dirilis pada tahun 2015 ini berbeda dengan film – film lainnya. Dimana film Jenderal Soedirman tidak berfokus pada kehidupan sang jenderal dari masa kecil hingga tua.

Film ini berfokus pada perjuangan Jenderal Soedirman dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Kisahnya bermula ketika Belanda secara sepihak memutuskan perjanjian Renville dan menghentikan gencatan senjata.

Pada tanggal 19 Desember 1948, Belanda melalui jenderal Simons Spoor (Eric Van Loon) memimpin serangan yang dikenal sebagai agresi militer II dengan menyerang ibukota Indonesia saat itu, Yogyakarta. Bahkan dari agresi ini, Soekarno dan Hatta berhasil ditangkap dan diasingkan ke Pulau Bangka.

Tak lama, Belanda menyatakan bahwa kedaulatan Indonesia sudah tidak ada lagi. Namun, dari dalam hutan, Jenderal Soedirman (Adipati Dolken) menyiarkan bahwa Indonesia masih utuh. Dengan kondisinya yang saat itu sedang mengalami sakit paru – paru, Jenderal Soedirman tetap memimpin perang gerilya melawan Belanda di tanah Jawa.

Berkat sikap kepemimpinan dan keberaniannya, Belanda dibuat kewalahan olehnya. Bagaimana kelanjutan dari kisahnya? Yuk tonton dulu trailer nya!


4. Soekarno: Indonesia Merdeka

Film Soekarno: Indonesia Merdeka
Film Soekarno: Indonesia Merdeka, Sumber: Kompasiana

Film yang digarap oleh sutradara terkenal Hanung Bramantyo ini mengisahkan tentang seorang pemuda yang bernama Kusno. Namun, karena sering sakit – sakitan, Ayahnya mengubah namanya menjadi Soekarno.

Dengan mengubah nama sang anak, ayahnya berharap kelak Soekarno dapat menjelma seperti Adipati Karno, seorang ksatria dalam pewayangan.

Pada usianya yang ke 24 tahun, harapan sang ayah terpenuhi dengan menggoncang podium dimana ia melantangkan “Kita harus merdeka sekarang”!

Karena hal itu, Soekarno dipenjara karena dituding telah dianggap menghasut dan memberontak. Namun, meskipun begitu keberanian Soekarno tak pernah padam.

Bagaimana kelanjutannya? Film yang mengisahkan tentang kehidupan Soekarno, sang bapak proklamator ini patut kamu tonton!


5. Merah Putih

Film Merah Putih
Film Merah Putih, Sumber: Kabarnusa

Film terakhir yang akan kita bahas untuk memperingati hari pancasila ini adalah Merah Putih. Film bergenre drama historis ini merupakan bagian pertama dari rangkaian film “Trilogi Merdeka”.

Film yang disutradarai oleh Yadi Sugandi ini mengisahkan tentang perjuangan melawan penjajahan Belanda pada tahun 1947. Kala itu, Amir (Lukman Sardi), Tomas (Danny Alamsyah), Dayan (Teuku Rifnu), Soerono (Zumi Zola), dan Marius (Darius Sinathrya) berpangkat kadet yang mengikuti latihan militer di Semarang, Jawa Tengah.

Masing – masing dari mereka mempunyai latar belakang suku dan agama yang berbeda. Suatu ketika, tempat latihan militer dimana mereka berlatih diserang oleh Belanda.

Seluruh kadet terkecuali mereka berlima berhasil selamat. Mereka memutuskan untuk bergabung dengan pasukan gerilya di pedalaman Jawa. Apakah mereka berhasil menumpas penjajahan Belanda? Penasaran? Yuk ditonton dulu trailernya!


Itulah beberapa rekomendasi film bertemakan perjuangan Indonesia dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila. Baca Juga: To the Lake – Salah Satu Serial Netflix yang Underrated. Apakah kalian sudah menonton rekomendasi film diatas? Ataukah ada rekomendasi film lainnya? Yuk tulis di kolom komentar dibawah!

You might also enjoy:

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *