Helen McCrory telah meninggal dunia di umurnya yang ke-52 karena kanker pada 16 April 2021 di kediamannya di London. 

Aktris asal Inggris ini adalah anak dari seorang diplomat dan fisioterapis yang menghabiskan masa kecilnya di berbagai negara Afrika, serta Norwegia dan Perancis. 

Helen McCrory dikenal dunia sebagai Narcissa Malfoy dalam tiga film terakhir seri Harry Potter. Sebagai aktris yang sudah berkarir selama 31 tahun hingga akhir hayatnya, tentu saja ia memiliki filmografi yang panjang. Berikut adalah fakta-fakta yang menarik dari karir McCrory.

1. Awalnya, ia mendapatkan peran sebagai Bellatrix Lestrange

McCrory harusnya memerankan Bellatrix Lestrange dalam film “Harry Potter and the Order of the Phoenix” (2007). Sayangnya, atau untungnya, ia sedang mengandung, sehingga Helena Bonham Carter menggantikannya. Lalu, setelah melahirkan dan pulih, McCrory mulai memerankan kakak perempuan Bellatrix, yaitu Narcissa Malfoy, dalam film “Harry Potter and the Half-Blood Prince” (2009). 

2. Ia memulai karirnya sebagai aktor panggung

McCrory memulai akting karirnya di tahun 1990 dengan berperan sebagai Gwendolen Fairfax dalam pentas teater “The Importance of Being Earnest” yang ditulis oleh Oscar Wilde. Dan walaupun sudah menjadi aktris layar kaca terkenal, ia tetap berperan dalam berbagai pentas teater hingga tahun 2016 dalam “The Deep Blue Sea”.

3. Ia pernah berhadapan dengan vampir

Selain penyihir, McCrory juga pernah berhadapan dengan makhluk non-manusia lain, yaitu vampir dalam film “Interview with the Vampire” (1994). Dalam peran layar kaca pertamanya ini, ia mendapat peran figuran sebagai wanita bayaran dan beradu akting dengan Lestat de Lioncourt yang diperankan oleh Tom Cruise. 

4. Ia pernah menjadi istri seorang perdana menteri

Dalam film “The Queen” (2006) dan “The Special Relationship” (2010), McCrory memerankan Cherie Blair, istri dari Tony Blair, Perdana Menteri Inggris dari 1994 hingga 2007. Walaupun pernah bertemu dengan Cherie, McCrory cukup kesulitan menghayati perannya karena Cherie tidak mempublikasikan dirinya selama suaminya menjabat. Untungnya, di tahun 2006, Cherie menerbitkan otobiografinya, sehingga McCrory dapat mengenal istri sang mantan perdana menteri lebih dalam.

5. Ia adalah seorang penyihir sakti

Bukan hanya dalam seri Harry Potter, McCrory juga pernah berperan sebagai penyihir dalam karyanya yang lain. Dalam serial “Penny Dreadful” (2014-2016), ia berperan sebagai Evelyn Poole, pemimpin dari sebuah coven penyihir wanita yang menjadi antagonis di season kedua serial tersebut.

6. Ia tergabung dalam sebuah ordo ksatria 

Di tahun 2017, McCrory dinobatkan sebagai Perwira Ordo Kekaisaran Britania Raya (OBE) untuk pengabdiannya di bidang drama.  

Sang suami, Damian Lewis, mengumumkan kepergian Helen McCrory ini melalui akun Twitter-nya.

Untuk berita lain seputar film dan series, kamu bisa lihat di sini. And share the news on your social media!

You might also enjoy:

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *